Sabtu, 17 Desember 2011

SMP Negri 4 Bandar Lampung

Visi, Misi dan Tujuan SMP Negri 4 Bandar Lampung


V I S I
Mewujudkan lulusan SMP Negeri 4 Bandar Lampung yang CERDAS, BERIMAN, BERTAQWA, TRAMPIL dan KOMPETITIF, UNGGUL dalam Prestasi.
Dengan Indikator :
1.       Terwujudnya pendidikan yang adil dan merata
2.       Terwujudnya kehidupan warga sekolah yang relegius
3.       Sebagian besar lulusannya dapat diterima di sekolah Favorit
4.       Terwujudnya sistem manejemen sekolah yang transparan, akuntabel, efisien
5.       Unggul dalam pencapaian nilai Ujian Nasional dan Ujian Akademik lainnya
6.       Unggul dalam berbagai lomba kegiatan ekstra kurikuler
7.       Mampu bersaing ditingkat Nasional dan Internasional

M I S I
1.       Mewujudkan pendidikan yang adil dan merata, bermutu, efisien dan relevan sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku
2.       Mengimplementasikan  manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam pengelolaan kelebagaan sekolah
3.       Mengembangkan seluruh kemampuan sekolah menuju ketrecapaian Standar Pelayanan Minimun (SPM) Pendidikan.
4.       Meningkatkan jaringan kerjasama dengan lembaga dan instansi terkait dan Stokholder sekolah.
5.       Meningkatkan Profesionalitas dan Kompetensi guru serta pegawai
6.       Melengkapi sarana prasarana dan fasilitas pendidikan yang dibutuhkan untuk menunjang tercapainya SSN.
7.       Melaksanakan pembinaan kesiswaan secara intensif melalui kegiatan OSIS dan  ekstrakurikuler untuk mendorong terwujudnya pengembambangan terwujudnya pengembangan potensi dan bakat yang dimiliki siswa.
8.       Menanamkan budaya tertib dan disiplin dalam kehidupan sekolah segenap warga sekolah.
TUJUAN
Secara umum tujuan kelembagaan pada jenjang Pendidikan SMP adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut yang ingin dicapai.
Untuk mencapai tujuan tersebud di atas, SMPN Negeri 4 bandar Lampung menetapkan target pencapaian sebagai berikut :
1.       Terpenuhinya azas pemerataan dan kedailan pelayanan pendidikan bagi peserta didik
2.       terlaksananya program pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif dan parsitipatif
3.       Sekolah telah memiliki Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memenuhi Standar Isi sesuai dengan peraturan pemerintah No. 22 tahun 2006.
4.       Sekolah telah memenuhi minimal 90% Standar tenaga Pendidikan dan kependidikan sesua PP No. 19 Th. 2005
5.       Sekolah telah memenuhi standar sarana dan fasilitas pendidikan sesuai dengan PP No.    th 2005, sebasar 90%
6.       Sekolah telah  memenuhistandar proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan KBK
7.       Standar Ketuntasan belajar minimum untuk seluruh  mata pelajaran telah mencapai rata-rata 75,00 dan standar kelulusan untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah minimal 7,00.
8.       Mencapai standar kelembagaan yang bermutu dan  manajemen berbasis sekolah data, pencapaian standar pengelolaan pembelajaran kurikulum, fasilitas pendidikan, persona siswa, administrasi dan sumber daya lainnya.




Struktur dan Muatan Kurikulum

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum SMP Negeri 4 Bandar Lampung sebagai berikut :
KOMPONEN
ALOKASI WAKTU
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
A. Mata Pelajaran 
1. Pendidikan Agama 
2. PKn
3. Bahasa Indonesia 
4. Bahasa Inggris 
5. Matematika
6. IPA / Sain 
7. IPS
8. Kerajinan Tangan dan Kesenian
9. Pendidikan Jasmani & Jaskes
10. Tehnik Informatika Komputer
B. Muatan Lokal
1. Bhasa dan Sastra Lampung
2. Ket. Tapis, dan Seni Bdy.Lampung
C. Pengembangan diri
1. LCT
2. Ketrampilan Lain:
a. Rohis d. Band
b. Sains e. Kolintang
c. Pramuka f. KIR

2
2
5
5
5
4
4
2
2
2

2
1

2
4

2
2
5
5
5
4
4
2
2
2

2
1

2
4

2
2
5
5
5
4
4
2
2
2

2
1

2
4


Jumlah
42
42
42





Muatan Kurikulum

a. Mata Pelajaran
Mata pelajaran Wajib :
1.        
1.       Agama
2.       Pendidikan Kewarga negaraan
3.       Bahasa Indonesia
4.       Bahasa Inggris
5.       Matematika
6.       IPA/ sains
7.       Ilmu Pengetahuan Sosial
8.       Ketrampilan Tangan dan Kesenian
9.       Penjaskes

Mata pelajaran Muatan Lokal :
1.       Bahasa dan sastra lampung
2.       Ketrampilan Tapis dan Seni Budaya Lampun


b. Kegiatan Pengembangan diri:

1. Pengembangan diri yang bersifat spontan/rutin, antara lain :
·         Membaca kitab suci sesuai agama yang dianut, setiap hari sebelum belajar, berdoa sebelum / sesudah belajar.
·         Melaksanakan sholat zuhur berjamaah
·         Melaksanakan sholat jum’at bersama di masjid terdekat
·         Kegiatan kesenian Daerah
·         Bakti social setiap jum’at Minggu Pertama
·         Senam kesegaran Jasmani
·         Upacara Bendera setiap senin dan Sabtu
·         Melaksanakan 7K, tertib disiplin siswa

2. Pengembangan diri terprogram dilaksanakan intrakurikuler :
·         Apresiasi Sastra
·         Percakapan Bahasa Inggris
·         Pendalaman Matematika
·         Pendalaman Sains Fisika
·         Seni Vokal
·         Bina Musika
·         Seni Rupa
·         Seni Baca Al-Qur’an

3. Pengembangan diri terprogram dilaksanakan pada ekstrakurikuler :
·         Pramuka
·         Rohis
·         PMR
·         KIR
·         Pasis / PBB
·         Basket ball
·         Volly Ball
·         Paskibra
·         Football
·         Sepak Bola
·         Tenis Meja
·         Bulu Tangkis
·         Sepak takraw
·         Kolintang
·         Catur
·         Karate
·         Taekwondo
·         Pencak silat
·         Seni Drama
·         Bina Vokalia

4. Keteladanan
Yang dimaksud dengan keteladanan adalah setiap pendidikan dan tenaga kependidikan harus dapat memberikan contoh pada perilaku sehari-hari seperti :
·         Cara berpakaian
·         Tingkah laku / sopan santun
·         Tutur kata / ucapan yang baik dan benar
·         Jujur
·         Disiplin/ tepat waktu

c. Tujuan Umum pengembangan Diri, 
Untuk memberikan pelayanan agar setiap peserta dapat mengembangkan potensi, bakat dan minat secara optimal, sehingga memiliki “LIFE SKILL” yang dapat digunakan dalam kehidupan seharai-hari.

d. Tujuan Pengembangan Diri Akademik
Kelompok Bahasa Indonesia
·         Peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan atau tulisan
·         Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Nasional
·         Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat serta kreatif untuk berbagai tujuan
·         Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, serta kematangan emosional dan social
·         Menghargai serta membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intlektual manusia Indonesia 

Kelompok Bahasa Inggris
·         Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan untuk mencapai tingkat fungsional
·         Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
·         Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dan budaya.

Kelompok Matematika
·         Memahami konsep matematika menjelaskan keterkaiotan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.
·         Menggunakan penataran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi, matematika dalam membuat generelisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
·         Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
·         Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
·         Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki sikap rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajarai matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Kelompok Sains / Fisika
·         Meningkatkan keyakinan terhadap Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam cipta-Nya
·         Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep serta prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari
·         Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, Lingkungan, Tekhnologi badan masyarakat
·         Melakukan inquiry ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak ilmiah secara berkomunikasi
·         Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
·         Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya, sebagai salah satu ciptaan Tuhan
·         Meningkatkan pengetahuan, Konsep, dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Kelompok Sains / Biologi
·         Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
·         Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep serta prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari
·         Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, Lingkungan, Tekhnologi badan masyarakat
·         Melakukan inquiry ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak ilmiah secara berkomunikasi
·         Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
·         Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya, sebagai salah satu ciptaan Tuhan
·         Meningkatkan pengetahuan, Konsep, dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

e. Tujuan Pengembangan diri Non Akedemik
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan mengekspresikan disesuaikan dengan kebutuhan minat dan bakat yang disesuaikan dengan kondisi sekolah.
Secara pengembangan diri non akademik diarahkan agar peserta didik dapat mengembangkan kecakapan hidup (Life Skill).
Pengembangan diri non akademik di SMP Negeri 4 Bandar Lampung, diarahkan untuk :
·         Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         Meningkatkan cinta tanah air dan bangsa
·         Menumbuhkan semangat rela berkorban
·         Memupuk sikap Disiplin dan Sportif
·         Miningkatkan kesegaran Jasmani dan Rohani
·         Mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan membuat kreativitas dan renovasi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
·         Mamiliki sifat professional dan karakter.



2 komentar:

  1. masuk smp tahun ini test apa gak ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo yg punya sekolah nenek moyang lo... Tinggal masuk aja... Gausah test

      Hapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review